PENGERTIAN WILAYAH, DAERAH, KOTA, PERKOTAAN, PERENCANAAN

PENGERTIAN WILAYAH, DAERAH, KOTA, PERKOTAAN, PERENCANAAN

    Sebagai pengantar kepada perencanaan wilayah dan kota sebagai disiplin ilmu,  perlu dipahami terlebih dahulu beberapa pengertian dasar, konsep atau terminonologi yang berkaitan dengan wilayah,daerah, kota, perkotaan, perencanaan. Dalam hal ini pengertian-pengertian dasar, konsep dan terminologi tersebut dapat diacu baik dari definisi-definisi yang selama ini dikemukakan oleh berbagai pakar mapun peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.




 Untuk lebih memahami dari definisi Wilayah, daerah,,kota,perkotaan,perencanaan mengenai pembahasan yang lebih lanjut akan dilakukan secara lebih mendalam dengan meninjau unsur dan karakteristik lebih jauh, baik dalam konteks teoritis maupun praktenya di Indonesia.


A. WILAYAH

Pengertian Wilayah secara umum adalah suatu bagian dari permukaan bumi yang teritorialnya ditentukan atas pengertian, batasan dan perwatakan fisik-Georafis. Mengacu pada undang-undang No.24/1992 tentang Penataan Ruang, wilayah didefinisikan sebagai ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administrasi dan aspek fungsional.


B. DAERAH

Pengertian daerah secara umum adalah suatu wilayah teritorial yang pengertian, batasan dan perwatakannya didasarkan pada wewenang administratif pemerintahan yang ditentukan dengan peraturan perundang-undangan tertentu. Definisi lain dari dearah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administrasi.

Menurut UU 32/2004, Daerah otonom selanjutnya disebut daerah adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi msyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.


C.KAWASAN

    Berdasarkan Undang-undang No.24/1992 mendefinisikannya sebagai ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek fungsional serta memiliki ciri tertentu/spesifik/khusus.


D. Kota

Pengertian mengenai kota(city) yang kemudian lebih sering dijadikan acuan di indonesia adalah tempat dimana konsentrasi penduduk lebih padat dari wilayah sekitarnya karena terjadinya pemusatan kegiatan fungsional yang bekaitan dengan kegiatan atau aktivitas penduduknya. Dengan ungkapan yang berbeda, definisi kota yang lain adalah permukiman yang berpenduduk relatif besar, luas areal terbatas, pada umumnya bersifat non agraris, kepadatan penduduk relatif tinggi.


E. PERKOTAAN

Perkotaan adalah permukiman yang meliputi kota induk dan daerah pengaruh di luar batas administratifnya yang berupa daerah pinggiran sekitarnya/kawasan suburban.


F. PERENCANAAN

Pengertian perencanaan secara umum adalah proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan tertentu.


Demikian artikel PENGERTIAN WILAYAH, DAERAH, KOTA, PERKOTAAN, PERENCANAAN semoga selalu dapat memberikan manfaat dan pemahaman dalam artikel ini terimakasih sobat omteknologi.com


Post a Comment

Copyright © 2021

Omteknologi.com