KONSEP DASAR DAN RUANG LINGKUP ADMINISTRASI KEUANGAN

KONSEP DASAR DAN RUANG LINGKUP ADMINISTRASI KEUANGAN

Perkembangan informasi dan ilmu pengetahuan yang dengan sedemikian pesat pula. Bahkan di zaman modern ini,administrasi negara telah mampu menepatkan dirinya sebagai suatu sistem yang menjawab berbagai persoalan yang timbul di masyarakat modern.

Konsekuensi ini semakin kompleks dan saling ketergantugan di dalam masyarakat modern tersebut menuntut peran pemerintah dalam perekonomian sehari-hari.Dalam masyarakat primitif, kegiatan pemerintah dalam artinya modern tidak dikenal.Dengan demikian pentinganya suatu konsep dasar administrasi keuangan.


A. KONSEP DASAR ADMINISTRASI KEUANGAN

Administrasi keuangan merupakan salah satu bagian dari bidang administrasi. Dalam konteks administrasi negara, istilah yang akrab dikenal adalah “Administrasi Keuangan Negara”. 

Administrasi keuangan negara merupakan kegiatan penataan kerja sama sekelompok aparat pemerintah yang berkaitan dengan urusan keuangan.Di sini, pengertian administrasi keuangan negara meliputi keuangan yang dikelola oleh pemerintah pusat maupun oleh pemerintah daerah.

Dasar hukum keuangan negara mengacu pada Pasal 23 (Bab III) UUD 1945. Secara lengkap Passal 23 tersebut berbunyi sebagai berikut:

  1. Anggaran pendapatan dan Belanja Negara  ditetapkan tiap-tiap tahun dengan Undang-undang.
  2. Segala pajak untuk keperluan negara berdasarkan Undang-undang.
  3. Macam dan harga mutu uang ditetapkan dengan Undang-undang.
  4. Hal keuangan negara, selanjutnya diatur dengan Undang-undang.
  5. Untuk memeriksa tentang tanggung jawab keuangan negara, diadakan suatu Badan Pemeriksa Keuangan, yang peraturannya ditetapkan dengan undang-undang. Hasil pemeriksaan itu diberikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat.


B. RUANG LINGKUP ADMINISTRASI KEUANGAN

Sebenarnya, pengertian keuangan negara yang dikehendaki oleh Pasal 23 UUD 1945 mencakup perspektif yang lebih luas. Menurut BPK sebagaimana diungkap Wakil Ketua BPK 1998 Drs.Kunarto dalam kompas,02 Juni 1998, keuangan negara meliputi 4 ruang ingkup yaitu sebagai berikut:

  1. Administrasi keuangan negara merupakan seluruh penerimaan dan pengeluaran, baik yang menyangkut Pemerintah Pusat, Pemda, BUMN, dan daerah, maupun institusi yang menggunakan modal atau kelonggaran dari negara atau masyrakat.
  2. Administrasi keuangan negara merupakan seluruh kekayaan negara berupa harta yang berbentuk uang, hak-hak negara, sepeti hak menagih atas kontrak kerja pertambangan, hak penangkapan ikan, hak pengusahaan hutan, kewajiban-kewajiban atau utang-utang negara, seperti dana pensiun, asuransi kesehatan,jaminan sosial tenaga kerja, kekayaan bersih negara dan kekayaan alam.
  3. Administrasi keuangan negara merupakan kebijaksanaan-kebijaksanaan anggaran fiskal,moneter,beserta akibatnya di bidang ekonomi.
  4. Administrasi keuangan negara mencakup keuangan lainnya yang dikelola oleh pemerintah pusat dan daerah, dan badan-badan yang menjalankan kepentingan negara atas uang yang dimiliki negara atas uang yang dimiliki negara maupun utang ataupun dana yang dimiliki masyarakat.


Demikian artikel Konsep Dasar dan Ruang Lingkup Administrasi Keuangan semoga selalu bermanfaat bagi sahabat omteknologi.com

Post a Comment

Copyright © 2021

Omteknologi.com