PENGERTIAN PAJAK DAN ADMINISTRASI PAJAK

 PENGERTIAN PAJAK DAN ADMINISTRASI PAJAK

        Sebelum membahas mengenai pengertian pajak dan administrasi pajak yang dilaksanakan di Indonesia dilihat dari segi kelembagaan,administrasi sumber daya manusia maupun dari prosedur perpajakan yang berlaku.

    Motivasi utama pemajakan di negara berkembang adalah pengumpulan dan pembiayaan pemerintah dalam penyediaan barang dan jasa publik. Motivasi lainnya adalah reditrisbusi penghasilan dan penyesuaian kekurangsempuranaan mekanisme pasar. Walaupun suatu tingkat pemajakan diperlukan untuk mencapai motivasi tersebut, pemajakan selalu mempunyai pengorbanan, baik bebean langsung administratif maupun tidak langsung sehubungan dengan salah alokasi sumber daya dengan konsekuensi distribusi penghasilan kurang merata.




     Begitu pentingnya pajak untuk membiayai pembangunan dan pelayanan pemerintahan di suatu negara, Gunadi men-trasir pajak sebagai penerimaan bagi negara berarti juga sebagai pengeluaran dari sisi masyarakat, artinya penerimaan negara itu adalah beban bagi seluruh masyarakat. Beban dimaksud ditanggung masyarakat dengan mengalihkan sebagian dari penghasilan yang diperolehnya atau membayar kepada negara untuk sesuatu yang mereka dapatkan.


A. PENGERTIAN PAJAK

Secara harfiah kata pajak tidak jauh berbeda dengan pengertian pungutan karena kata pajak telah kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari, dan hampir disemua segi kehidupan mengandung pajak. 


Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan Undang-undang sehingga dapat dipaksakan dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. 


B. ADMINISTRASI PAJAK

Mengacu kepada perkembangan ilmu administrasi publik maka administrasi pajak juga mempunyai dua pengertian yakni sebagai berikut: 

  1. Administrasi Pajak Dalam Arti Luas: Administrasi Pajak dalam arti luas dapat dilihat sebagai fungsi, sistem, lembaga, dan manajemen publik.
  2. Adminstrasi PajaK Dalam Arti Sempit: Administrasi Pajak dalam arti sempit adalah penatausahaan dan pelayanan terhadap kewajiban-kewajiban dan hak-hak wajib pajak, baik penatausahaan dan pelayanan tersebut dilakukan di kantor fiskus maupun dikantor wajib pajak. Jadi,  yang termasuk dalam kegiatan penatausahaan adalah pencataan, penggolongan dan penyimpanan.


Demikian artikel Pengertian Pajak dan Administrasi Pajak semoga bermanfaat dan dapat memberikan manfaat bagi anda terimakasih.

Post a Comment

Copyright © 2021

Omteknologi.com