Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Windows 10

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Cara Menghilangkan Virus Shortcut pada windows 10.Perangkat laptop dan PC memang menjadi senjata utama masa kini bagi semua orang untuk mempermudah kegiatan dalam sehari-hari nya; seperti melakukan pekerjaan, bermain game, dan menonton film kesukaan.

Tentunya laptop dan PC harus di jaga dengan baik mengingat perangkat tersebut adalah barang elektronik yang sangat mudah rusak jika tidak terawat. Hal ini di picu kurangnya perawatan terhadap barang elektronik yang kita punya.

Seringkali kita melupakan hal tersebut sehingga laptop dan PC kita terjangkit oleh virus. Hingga akhirnya virus akan menyebar dan menyebabkan kerusakan pada data yang kita miliki, belum lagi jika virus tersebut menguasai system windows akan banyak sekali waktu yang kita butuhkan untuk menghilangkannya.

Apa sih Shortcut itu ?


Shortcut adalah sebuah link yang berupa ikon atau tombol yang dibuat untuk tujuan agar dapat diakses secara cepat pada komputer yang digunakan.

Eits jangan gagal paham yah .. itu adalah pengertian Shortcut yang sesungguhnya. Sedangkan yang kita bahas ini adalah Virus Shortcut. Yang namanya Virus itu gak ada yang tujuannya untuk memudah kan sebuah pekerjaan kita , tapi Virus itu dibuat untuk menyusahkan kita :v

Sebelum membahas bagaimana cara menghapus virus shortcut, terlebih dahulu kita akan mempelajari bagaimana sistem kerja dari Virus Shortcut ini.

Cara Kerja Virus Shortcut atau Virus Ramnit :

Virus Shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file master atau file asli pada komputer ataupun flashdisk. Proses menyembunyikannya dilakukan dengan cara merubah file attribut menjadi super hidden.

Selanjutnya Virus Shortcut akan membuat duplicate dari file tersebut dalam bentuk shortcut ( shortcut di tandai dengan adanya tanda panah kecil pada icon file ).

Berbeda dengan cara kerja virus pada umumnya, virus ini sebenarnya tidak ditujukan untuk merusak file kita. Hanya saja disembunyikan dalam bentuk super hidden. Jadi berhubung settingan komputer kita secara default ini tidak di setting untuk menampilkan file yang memiliki attribut super hidden, maka seolah – olah file asli kita tampak seperti “Hilang”.

Untuk Anda yang penasaran bagaimana Cara Menghapus Virus Shortcut pada Flashdisk maupun pada Harddisk secara Manual atau tanpa applikasi pihak ketiga ( Antivirus ) .

Cara Menghapus Virus Shortcut tanpa AntiVirus di Laptop :


  • Buka CMD
  • Klik Start -> Klik All Program -> klik Accessories -> Klik kanan pada Command Prompt -> Run As Administrator -> Yes ( lalu akan muncul Kotak Hitam atau yang di namakan dengan Command Prompt )
  • Buka “My Computer atau Computer ( untuk melihat lokasi Drive ).
  • lihat Drive mana yang akan anda bersihkan dari virus ( usahakan semua drive nya )
  • Nah saya akan mencontohkan nya pada Drive atau Partisi Data .
  • berhubung partisi Data saya berada pada drive D. maka Ketik pada CMD.
  • lalu ketikan kembali attrib -s -r -h /s /d lalu Enter ( tunggu sampai proses selesai ) .
Cara Menghilangkan Virus Shortcut

  • Nah selanjutnya lakukan pada drive lainnya
  • Selesai

Jika Muncul :
Access denied – D:\System Volume Information
Unable to Change attribute – D:\pagefile.sys atau semacamnya.

Tidak perlu khawatir , karena itu adalah file system. bukan Virus.

Selanjutnya Cek pada partisi / drive yang sudah di bersihkan tadi . Apakah semua folder atau file sudah kembali normal lagi atau belum. Jika sudah, hapus folder atau file yang menurut kamu aneh dan tidak jelas. ( Ingat , jangan asal hapus , bisa jadi yang kamu hapus adalah file system , terutama pada drive C / local disc C / Partisi System ) Atau jika anda takut salah hapus file anda bisa Bertanya atau berdiskusi di sini .

silakan Infokan NAMA FILE ANEH tersebut pada kotak komentar , dan saya akan segera Merespon atau membalasnya .

itu tadi merupakan sedikit tips Cara Menghilangkan Virus Shortcut windows 10 semoga bermanfaat.

Post a Comment

Copyright © 2021

Omteknologi.com