10 Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

cara membuat bootable flashdisk windows 10 dengan rufus

cara membuat bootable flashdisk windows 10 dengan rufus.Pada saat ini setiap individu sudah bisa untuk menginstall ulang laptopnya sendiri tanpa bantuan teknisi. bukan karena alasan biaya yang mahal, tetapi karena teknologi sekarang yang sudah maju yang membuat semuanya menjadi mudah. contoh nya saja dahulu untuk menginstall ulang harus menggunakan kaset DVD, bagi yang mempunyai notebook harus membeli CDROM external , tetapi sekarang zaman udah canggih menginstall OS cukup menggunakan flashdisk yang di buat menjadi bootable.

Apa itu bootable ?

Bootable merupakan sebuah media penyimpanan yang ada pada system operasi biasanya digunakan untuk booting melalui perantara flashdisk , CD atau DVD .sesuai dengan fungsinya menyimpan system operasi kedalam flashdisk baik itu windows maupun Linux, kemudian menjalankan nya pada saat booting pertama(first Booting), barulah system operasi bisa di install ulang.

Membuat Media Instalasi USB Bootable Menggunakan Rufus

Ada banyak utilitas yang bisa di gunakan sebagai media instalasi USB bootable, salah satunya yaitu Rufus, ada beberapa keunggulan dari Rufus ini yang membuat saya betah menggunakannya. diantaranya yaitu media transfer yang lebih cepat dari media instalasi lainnya,

Langkah Instalasi USB Bootable Menggunakan Rufus


Sebelum membuat USB Bootable terlebih dahulu tentukan jenis partisi yang akan digunakan, untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi eror saat penginstalan. oke lanjut ke langkah nya :

1 Download aplikasi Rufus di website resminya.

2 Kemudian colokkan flashdisk yang berkapasitas minimal 8GB, jika di dalam masih ada file yang berharga lebih baik di pindahkan terlebih dahulu.

3 Format Flashdisk agar tidak ada virus yang terdeteksi.

4 Buka Aplikasi Rufus, pada Device pilih flashdisk yang akan di gunakan.

5 Partition Scheme And Target System Type, disini perlu kita perhatikan, apa jenis partisi yang kita gunakan, silahkan baca tentang Pebedaan Partisi GPT dengan MBR.

6 New Volume Label, ubah nama partisi anda sesuai dengan nama yang anda inginkan.

7 Kemudian klik icon Kaset yang ada pada pinggir kanan, dan masukkan file installer yang berextensi iso.

8 Start.

9 Kemudian akan timbul Notice seperti gambar di bawah kemudian tekan oke.

10 Proses sedang berjalan, tunggu hingga selesai, dan aplikasi rufus boleh di close dan bisa langsung menuju menu booting untuk mengeting flashdisk menjadi first booting atau booting pertama.

Berikut dibawah ini adalah daftar skenario bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan:

Jika ingin membuat UEFI dan Legacy secara bersamaan:
  • Tekan tombol ALT + E.
  • Pilih Partition scheme: MBR.
  • Target system: BIOS or UEFI
  • File system: FAT32, tapi jika file ISO lebih dari 4GB, pilih NTFS.
Jika ingin membuat UEFI saja:
  • Partition scheme: GPT
  • Target system: UEFI (non CSM)
  • File system: FAT32
Jika ingin membuat Legacy saja:
  • Partition scheme: MBR
  • Target system: BIOS (or UEFI-CSM)
  • File system: NTFS
itu tadi merupakan sedikit ulasan cara membuat bootable flashdisk windows 10 dengan rufus yang bisa omteknologi.com bagikan dengan anda semuanya semoga bermanfaat. jangan lupa berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Post a comment

Copyright © 2021

Omteknologi.com