Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca Oleh Komputer/Laptop

Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca Oleh komputer / laptop. panik engga sih ketika tahu hardisk yang kita miliki tiba tiba tidak bisa kebaca oleh laptop kita.apalagi ketika data data penting kita simpan di hardisk tersebut . pasti rasanya engga karuan deh . tapi tau ga sih apa penyebab hardisk tidak terdeteksi oleh laptop atau komputer kalian?

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat hardiks internal dan eksternal tidak terbaca oleh computer hal ini disebabkan oleh adanya band sector, kerusakan fisik, atau bisa dibilang crash file. Biasanya kalau kerusakan fisik itu bisa terjadi karena hard diks terjatuh atau terbanting. 

Bisa juga slot SS kabelnya rusak disebabkan karena seringnya buka cabut dengan paksa. Port usbnya sudah rusak atau yang lebih parah sudah berkarat. IC triggernya tidak berpungsi lagi, tetapi jika terjadi crash file ini biasanya terjadi karena pada saat anda melakukan copy paste data belum selesai tapi sudah dicabut. 

Bisa juga saat install aplikasi dari hardiks itu ngeheng dan installannya berhenti ditengah jalan, bisa juga disebabkan oleh virus, dan lain sebagainya. Jadi intinya iyalah karena adanya bad sector maka ada suatu skema recording proses yang gagal sehingga tidak tersimpan dengan baik di alamat masing – masing head dari pada hardiks.

Hardisk yang mengalami bad sector adalah ketikah salah satu cluster pada hardiks terbaca rusak. Sector tersebut tidak memberikan respon ketika dibaca oleh hardiks. Pada umumya Bad sector inipun tidak hanya terjadi pada hard diks tradisional dengan piringan magnetic yang bisa berbunyi tit,tit,tit, itu pasti anda perna mendengar bunyi seperti itu. Tetapi juga bisa mengenai drive bertipe SSD.

Tenang tidak perlu risau ketika hardisk tidak bisa terdeteksi oleh laptop atau komputer anda .namun perlu untuk diingat bacanya jangan di loncat-loncat agar tidak ada kesalahpahaman diantara kita wkwk

Jenis dan macam – macam bad sectors


Bad sector pada hardiks pada umunya terbagi menjadi dua , yang pertama bad sector secara fisik, sehingga bad sector yang satu ini tidak bisa lagi diperbaiki, dan yang kedua bad sector logical yang masih bisa di utak atik agar bisa dipakai kembali.
Perbedaan dari setiap jenis bad sector

• Yang pertama Bad sector fisik terjadi karena memang secara fisik beberapa cluster di hard diks telah rusak, bisa dikarenakan oleh debu, ous, atau memang hard diks tersebut mengalami kerusakan disisi yang lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada cluster pada piringan magnetic pada hardiks. Kerusakan sector hardisk seperti ini tidak bisa lagi diperbaiki, jalan satu – satunya iyalah LEM BIRU (lempar belik baru ), hahaha

• Yang kedua Logical bad sector hal ini bisa terjadi ketika suatu cluster di dalam hard disk tersebut terlihat seperti tidak bisa digunakan karena ketika dibaca oleh operating system terjadi error yang tidak sesui dengan isi sector pada hard diks tersebut. Hal ini diartikan suatu kekeliruan oelh OS, biasanya setor yang error tersebut akan ditandai oleh bad sector. Kalau bab sector yang satu ini kita masih bisa berharap menyelamatkan had diks kita.

Memperbaiki Hard Disk Dengan Check Disk


1. Apa bila ada muncul kotak dialog yang mengindikasikan bahwa drive anda itu perlu diformat, klik “no” ingat sangat krusial, jikalau anda terlanjur menekan Yes , maka yang terjadi selesailah sudah data yang ada di hardiks anda akan hilang semua. Nantinya akan lebih sulit lagi, dan apabila pun berhasil mengembalikannya , data anda akan banyak yang gagal atau corrupt.

2. Klik “ Start” pilih my Computer, disana akan muncul hardisk yang baru anda colokan tadi, lalu klik kanan pada drive tersebut, lalu pilih properties. Jikalau ternyata tidak terbaca atau tidak muncul hard diks anda, maka anda harus lompat ke langkah ke 5.

3. Ok, setelah itu akan muncul jendela windows yang menampilkan propertiesnya, klik pada tab tools.

4. Lalu pilih “check Now’ dibawah “ error Checking’ untuk memulai melakukan pemeriksaan error pada hard diks anda. Kemudian centeng pada windows Pop-up yang berikan pertannyaan apakah kamu mau windows membetulkan error yang ditemukan, kemudian centang juga pada kotak yang berisi “Scan for hard disk tidak terbaca dan pelu di frmat , Klik No.

5. Kalau semua langakah sudah di jalankan namun tetap gagal juga, ada arternatip lain yaitu menggunakan Command Prompt. Klik Start > Run > CMD.

6. Kemudian ketikkan mana derive anda yang rusak tadi dengan menambahkan tanda titik dua. Misalnya hard diks yang rusak tadi ada di G maka ketikkan ‘ G: “ lalu tekan enter. Karena hard diks itu rusak biasanya akan muncul peringatan ‘ The System Connot Find the Drivve Dpecified.’

7. Kemudian yang terakhir, iyalah bagian langkah kuncinya, ketikkan ‘chkdsk’ dikommand prompt, tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Proses tersebut bisa lama bisa cepat tergantung berapa bayak data yang tersimpan di hard diks tersebut. Apa bila errornya ditemukan maka windows akan menawarkan pilihan untuk memperbaikinya, lalu pilih ‘Y’

8. Selesai
 
dan jika belum berhasil bisa mencoba dengan mengupdate driver hardisk tersebut, begini caranya.

Memperbaiki Harddiks dengan Update Driver


Caranya:

• Anda masuk ke Device Manager, Klik Start > lalu klik kanan pada bagian computer lalu pilih properties,

• Pada bagian disk drive terdapat 2 buah harddisk yang satu iyalah digunakan dan yang satu lagi harddiks eksternal kita. Pada bagian merk hard diks ekternal tersebut. Klik kanan dan pilih “ Uninstall”

• Setelah selesai uninstall drivernya silakan cabut hard drive anda lalu colokan kembali ke computer atau laptop.

• Kemudian setelah ditancapkan tunggu sebentar hingga proses pembacaan driver dfault selesai, lalu lakukan seperti langkah di atas tadi kemudian klik Update Driver bukan uninstallya.

• Setelah selesai update maka hard drive anda seharusnya sudah bisa digunakan kembali.

Penutup

Demikianlah artikel singkat tentang Tips dan Trik Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca Oleh Komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman – teman para pembaca yang setia, jangan lupa bagikan artikel ini apa bila anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa berikan komentar dan saran anda di kolom komentar dibawah ini, Trimahkasih.

Post a Comment

Copyright © 2021

Omteknologi.com